Terbaru

Selasa, Maret 24, 2009

(10) Comments

Kecapi Sunda Alat Musik Yang Mempesona Telinga

INDRA - Ketika pertama kali melihat alat musik kecapi, rasanya tidak sabar untuk memetik dan mendengar bunyinya. Pertama kali saya melihatorang yang memainkan alat ini adalah guru SD saya di acara perpisahandan kenaikan kelas. Sekilas memang si pemain kecapi terlihat menikmati setiap petikan dalam permainannya sehingga pada waktu itu saya menganggap tidak terlalu sulit untuk mempelajarinya. Akan tetapi ketika mencoba untuk memainkan dan belajar mengiringi tiupan suling sunda, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Masalahnya kedua tangan kita bergerak sendiri-sendiri dan otak kita harus dapat di bagi mengintruksikan dua tugas yang berbeda terhadap kedua tangan kita.

Alat musik kecapi lebih dikenal berasal dari China sejak berabad-abad lalu. Alat berdawai ini menjadi pengiring tembang-tembang merdu. Tak hanya di China, musik kecapi juga banyak di gunakan oleh beberapa pemusik tradisional di tanah air. Seperti halnya kebudayaan Sunda, alat kecapi merupakan alat musik kelasik yang selalu mewarnai beberapa kesenian di tanah Sunda ini. Membuat kecapi bukanlah hal gampang. Meski sekilas tampak kecapi seperti alat musik sederhana, tetapi membuatnya tidaklah gampang. Untuk bahan bakunya saja terbuat dari kayu Kenanga yang terlebih dahulu direndam selama tiga bulan. Sedangkan senarnya, kalau ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat tempo dulu. Berhubung suasa saat ini harganya mahal, senar Kecapi sekarang lebih menggunakan kawat baja.

Nada dalam kecapi sunda memiliki 5 ( pentatonis ) tangga nada yaitu Da, Mi, Na, Ti, La, dan kalau tidak salah memiliki 4 oktaf lebih. Pasangan alat musik kecapi sunda ini biasanya adalah suling sunda yang terbuat dari bambu. Alunan musik yang mengalir akan terasa mempesona pada telinga kita jika di mainkan keduanya. Kalau saya sendiri suka rindu akan kampung halaman.

Sebagian teman saya mengatakan, jika kecapi suling sunda dimainkan maka imajinasi kita adalah suatu perkampungan yang masih terhampar luas sawah-sawah, aktifitas para petani, gunung yang hijau dan pepohonan di tengan sawah. Bagaimana dengan anda ?

Penasaran ingin mendengarnya? Silahkan download disini. Dan rasakan bahwa betapa indahnya musik yang mengalun di telinga kita. Dan ini adalah sebagian dari budaya daerah di Indonesia. Betapa kaya negara kita akan kebudayaan Bangsa.

Tunggu apa lagi, mari lestarikan budaya kita !
10 Komentar Pembaca (reader comment) to "Kecapi Sunda Alat Musik Yang Mempesona Telinga"
24 Maret 2009 19.41
saya masih penasaran kenapa dikasih kenapa kecapi ya?
Anonim said :
8 Desember 2009 20.38
juragan, dimana bisa beli kacapi sunda nu bagus ?
untuk mempopulerkan ada bagusnya kalau juragan menampilkan kontruksi dan cara membuatnya, biar pembuatannya tidak menjadi rahasia saja. Hatur nuhun.

oomyon@gmail.com
Anonim said :
28 Juni 2010 16.17
Salam kenal Mas Indra, saya mau nanya berapa harga kecapi? ada berapa macam? bisa beli dimana? tq.

from: santo.budiyanto@gmail.com
Anonim said :
28 Februari 2011 20.59
mas , boleh minta cara membuat kecapi secara detail gak ?
Anonim said :
28 Februari 2011 21.03
btw kalo boleh tolong dikirimkan ke alamat email ini yaah : alfitozz@hotmail.com , makasih yaa hehe :D
19 Juni 2011 01.45
kang indra bleh donk minta cara2 praktis untuk belajr kecapi .....saya sebagai generasi sunda merasa terpanggil untuk ngamumule kesenian sunda
Anonim said :
30 September 2011 15.56
kang ,, minta infonya tentang nama2 bagian kecapi donk ,, :)
Gita_Desera said :
8 Desember 2011 18.20
Saya juga bisa kecapi ka wkwk :) kaka pasti lebih mahir dari saya.! :)
14 Maret 2013 22.55
Saya pengen belajar kecapi tp gk tau harus mulai dari mana gan..
Kang Kung said :
1 Mei 2013 09.18
Ada ga ya informasi cara membuat kecapi, dan cara mainnya....

aisuru.info@gmail.com , makasih.

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links