Terbaru

Rabu, Januari 28, 2009

(3) Comments

Ujian Komprehensif Lagi

INDRA - POSTAR

INDRA - Sekitar 6 bulan yang lalu saya mengikutiujian komprehensif di jurusan PAI FITK UIN Jakarta. Ujian komprehensif ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti sidang akhir atau sidang skripsi. Ujian ini dilaksanakan oleh jurusan Pendidikan Agama Islam FITK UIN Jakarta.

Pada saat itu saya dan teman-teman seangkatan mengikuti ujian komprehensif secara serentak. Sebagian teman-teman saya lulus dengan hasil yang cukup memuaskan,tetapi saya tidak atau belum lulus. Menurut pengamatan dan pengalaman, lulus atau tidaknya ujian komprhensif ternyata bukan ditentukan oleh wawasan yang luas saja akan tetapi nasib atau lucky, maksudnya...?

Dalam pelaksanaannya ujian kompre ini tidak jauh berbeda dengan ujian lisan, dibagi menjadidua bidang dan dua dosen penguji diantaranya kependidikan dan keagamaan.

Sebelumnya,pada saat pengumuman jadwal dan penentuan dosen penguji, saya mendapatkan dua dosen penguji yang cukup teliti dan kurang toleran dalam penilaian sehingga saya dipersulit dengan pertanyaan yang berbeda dengan teman saya yang lain, sampai pada akhirnya dosen itu tidak meluluskan saya.

Padahal sudah belajar dengan sungguh-sungguh tapi hasilnya mengecewakan sedangkan teman-teman yang santai, diluluskan dan di permudah oleh dosen pengujinya. Dari pengalaman tersebut dapat diambil hikmah.

28 januari 2009 adalah pembukaan pendaftaran untuk ujian komprehensif dan saya akan bertarung dengan sungguh-sungguh,mudah-mudahan lulus. pasti lulus. Amien...!
3 Komentar Pembaca (reader comment) to "Ujian Komprehensif Lagi"
Anonim said :
30 Januari 2009 pukul 08.46
wah selamet ya buat sahabat2 sukabumi..eksis terus buat berkarya..
Unknown said :
20 Agustus 2014 pukul 09.01
punya kisi-kisinya ga mas?? saya jg mau ujian kompre
Unknown said :
8 Januari 2020 pukul 14.47
Ka mau nanya dongg, itu referensi bukunya kaya buku apa aja ya kak?

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor
Profil Facebook Stif Blass

Sponsored Links