Terbaru

Jumat, Februari 29, 2008

(2) Comments

BUDAYA BANGSA MULAI TERLUPAKAN

INDRA - Derasnya arus globalisasi di Indonesia membuat kita tidak bisa memfilter budaya yang dating dari luar. Dari mulai gaya hidup, pergaulan, sampai kepada tata kesopanan.
Sebagai contoh kecil kita lihat disekeliling kita, apakah generasi muda sekarang yang dalam hal ini sebagai pewaris dari budaya leluhur sudah menjadi cerminan dari budaya bangsa? Jawabannya tentu saja belum.

Dari gaya hidup yang mulai jauh dari adat dan tradisi ketimuran merupakan sebuah bukti bahwa generasi muda belum mampu melestarikan budaya bangsa ini.
Pergaulan generasi muda dewasa ini hampir semuanya berkiblat ke luar. Dari seni musik misalnya budaya Pop, Rock, Reggae, Punk, Underground, R n B, Heavy Metal, dan sudah sangat banyak lagi mengucur deras di penjuru tanah air ini, bagaimana dengan budaya bangsa kita? Mana kepedulian kita ?

Budaya merupakan bagian dari identitas bangsa, tentu kita tidak ingin dikatakan bangsa yang tidak punya identitas.walaupun masih ada segelintir generasi muda yang berusaha melestarikan budaya bangsa. Tetapi kita harus punya keunikan bahwa inilah Indonesia dengan budayanya yang khas, dengan sendirinya martabat bangsa akan terangkat.

Mungkin kita cukup terhibur dengan banyaknya pertunjukan musik betemakan budaya bangsa seperti halnya acara yang diadakan di Auditorium Radio Republik Indonesia (RRI) yaitu konser Karawitan Muda Indonesia yang ke-2 (29/05) yang dimainkan oleh kaum muda dari sekolah Farabi, German School, dan Lembaga Kesenian Saraswati yang membawakan tembang Yaduya dan Jauger Bali. Tetapi apakah kaum muda itu sudah menghayatinya dan menanamkan dalam jiwa bahwa inilah budaya bangsa kita!

Fenomena kaum muda dewasa ini menanggapi tradisi bangsa tidak jauh sebagai sebuah karya orang dulu yang hanya bisa dikenang.
2 Komentar Pembaca (reader comment) to "BUDAYA BANGSA MULAI TERLUPAKAN"
taman cinta said :
29 Februari 2008 16.46
Bagus banget....
Anonim said :
27 Juli 2010 19.48
Kerenn...

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links