Terbaru

Minggu, Maret 22, 2009

(6) Comments

Karawitan Jawa (Sekilas Tentang Karawitan)

INDRA - Karawitan itu dunia yang manis, halus, penuh rasa. Meskipun ghending bellagu keras, nada cepat, kehalusan rasa tetap ada. Dalam ghending juga terdapat kebersamaan yang tidak mungkin ditinggal begitu saja. Belajar karawitan berarti belajar hidup bersama, dan belajar menjadi manusia yang utuh.

Karawitan itu indah, penuh pesona. Lorong-lorong estetika tersemai halus dalam karawitan. Ghending yang paling sederhana pun tetap memuat daya estetika yang tinggi. Jadi belajar karawitan akan memperhalus estetika dan sekaligus etika. Aspek-aspek kemanusiaan akan muncul dalam karawitan. Satu penabuh dengan yang lain tidak akan mungkin berdiri sendiri, melainkan secara ritmissaling mewujudkan kepaduan yang mapan.

Laras manis adalah inti dari sebuah sajian karawitan. Sajian yang laras, akan terdengar, terasa indah, memikat dan bermakna. Manis, sudah barang tentu akan menciptakan harmoni dalam hidup. Hidup yang seimbang itu juga laras. Maka karawitwn itu akan menyeimbangkan hidup. Dari hidup yang kurang bermakna, tercipta keindahan hakiki.
6 Komentar Pembaca (reader comment) to "Karawitan Jawa (Sekilas Tentang Karawitan)"
maya said :
22 Maret 2009 14.24
mudah2an makin banyak anak2 muda seperti kang indra dapat melestarikan budaya indonesia yg makin terkikis oleh budaya barat..
us3 said :
30 Maret 2009 08.50
yah benar..karawitan mang keren :D
aq dulu pas maen karawitan mainin Bonang Barung low..hehehe..pamer.
Anonim said :
5 April 2009 21.57
bagus mas msh ada anak muda yg seneng dg adi karya leluhur, kebetulan usia sy jg br 34 th dan dr kecil seneng bgt dgn gending2 jawi alusan walaupun sy udah lama merantau dr jawa sy tdk lupa kesenian ini... thanks yo mas...eko kaltim
supri said :
17 April 2009 01.20
Kayaknya gamelan sunda bukan yah? Lagi butuh notasi sunda..... Untuk pentas bulan depan....
Adi said :
28 April 2009 19.24
aku setuju dengan tulisn MAs Indra!
KEbersamaan sangat benar2 di butuhkan dalam memainkan gending2 gamelan.

Selain itu saat mendengarnya pun aku merasakan hal yang sama dengan saat al=ku mendengar musik2 klasik dari Richard Clyderman. Hnay ketenangan yang ada.

Mari sama2 lestarikan budaya yang mendidik an manfaat.
desy nurlaela said :
1 Maret 2010 23.32
SeterusN akan q perjuangkan seni gamelan ini. Terus belajar bt bs m'mainkanN. ^^

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links