Terbaru

Rabu, Maret 25, 2009

(3) Comments

Kendang Sunda Perkusi Ritmis Yang Unik

INDRA - Kendang sunda atau dalam bahasa indonesia gendang merupakan alat salahsatu alat musik tradisional yang berkategori perkusi. Jika kita mengenal kendang jawa atau kendang lainnya biasanya hanya satu alat. Kendang sunda terdiri dari 3 kendang yaitu satu kendang yang berukuran besar dan 2 lainnya berukuran kecil atau disebut kulantir. Dalam permainannya, seperangkat kendang tersebut ada yang di ikat dengan tali yang terbuat dari kulit sapi,kambing, atau kerbau. Sehingga dalam memainkanya pun kendang tidak akan berpindah-pindah.
Asal Pembuatan Kendang (Gendang Sunda)

Bahan yang bagus untuk pembuatan kendang atau gendang sundabiasanya dibuat dari kayu nangka. Tapi ada juga yang menggunakan bahan dari pohon mangga atau kelapa. Kayunya di bentuk dan di haluskan sehingga membentuk tabung ujungnya berbeda diameternya. Setelah itu, tutup gendang yang perupakan sumber bunyi yang akan di pukul terbuat dari kulit sapi, ada juga yang menggunakan kulit kambing atau kulit kerbau. Kemudian tutup-tutup yang berada dibagian ujung keujung di perkuat oleh tali-tali (kurawet) yang terbuat dari kulit juga, akan tetapi sebagian ada juga yang menggunakan tambang atau kawat. Disarankan untuk menggunakan kulit juga karena slain elastis, tali-tali ini pun digunakan untuk menyetematau menentukan tinggi rendahnya suara pukulan gendang. Berbeda dengan gendang jawa, kendang sunda lebih banyak menggunakan tali. Yang terakhir adalah Penyangga (Kincir) terbuat dari kayu juga.Penyangga ini berfungsi untuk menyangga kendang dan biasanya ada dua penyangga kendang yang di sesuaika dengan ukurannya. Pada gendang yang besar ditalikan kain yang berguna untuk mengunci kendang dengan kaki (jempol) agar tidak berpindah-pindah. Gendandang biasanya di cat merah tua, kuning lalu di pernis.

Ukuran Gendang Sunda

Panjang gendang sunda biasanya 60-70 cm. Besar diameternya pada bagian kiri 20 cm, tengahnya 52 cm, dan bagian kanan 15 cm. Tetapi bisa juga dibuat lebih besar dari ukuran yang standar atau lebih kecil, tergantung keperluan. Gendang yang lebih besar dari gendang jaipong biasanya dibuat untuk bass atau suara yang nge-bass. Sedangkan yang lebih kecil di simpan di kiri kanan dan berbunyi ketipak ketipung atau lebih nge-treble (cempreng)Foto Diambil pada pentas tunggal postar I

Cara Memainkannya (Nabeuhna)


Cara menabuh gendang biasanya menggunakan telapak tangan kanan untuk bagian kiri kendang yang nge-bass dan yang kecil. sedangkan yang bagian kanan menggunakan telapak tangan kanan tapi lebih kecil atau juga menggunakan pemukul yang berukuran kecil yang ujungnya memakai karet dan membentuk bulat kecil. Tetapi ada juga yang menggunaka fiber. Cara memukul gendang sunda yang menggunakan pemukul yaitu pada tepak gendang Jaipongan, Wayang Golek, dan yang paling utama adalah tepak gendrum. Kaki dan kedua tangan berperan penting dalam permainan gendang sunda, inilah keunikannya.

Ingin Mendengar suara gendang Sunda ? Silahkan Download disini
3 Komentar Pembaca (reader comment) to "Kendang Sunda Perkusi Ritmis Yang Unik"
infogue said :
25 Maret 2009 13.26
Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://seni-budaya.infogue.com/kendang_sunda_perkusi_ritmis_yang_unik
royadi Ckb said :
1 Oktober 2013 22.25
Saya tertarik dan ingin sekali rasanya jadi pemain kendang yang handal...tapi ada gak ya tempat kurusnya....( klo bisa yg di daerah sekitar CIKEMBAR) mohOn infonya ya...htr nuhun...(by : 08572312 7199)
11 Desember 2015 10.53
bagus sekali info yang di share sangat menarik untuk disimak
terimakasih

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links