Terbaru

Minggu, Maret 15, 2009

(1) Comments

Konsepsi Musa Tentang Tuhan

INDRA - Konsepsi musa tentang ketuhanan memberi petunjuk-petunjuk yang berbeda dengan pandangan dewa-dewa dari bangsa-bangsa Israel pada masa sebelumnya bahkan juga konsepsi ketuhanan dari bangsa-bangsa babilonia, Mesir, Asyiria, dan Mediterania.yang pada masa itu mempertuhankan benda-benda serta kekuatan alam sekitar.

Musa datang membawa agama yang memberantas konsepsi ketuhanan yang sesat itu dan menggantikannya dengan konsep ketuhanan Monotheisme (tauhid). Didalam kitab perjanjian lama, berkali-kali di tegaskan bahwa Tuhan itu hanya satu yaitu Yahweh yang membebaskan bangsa Israel dari perbudakan bangsa Mesir (Deut 33:29).

Penggambaran tuhan dalam bentuk manusia (anihropomorphisme) juga dilarang oleh agama ini, karena manusia tidak memiliki sifat seperti Tuhan. Jnd. Anderson dalam bukunya “the world religion” menyatakan bahwa tuhan agama yahudi itu adalah pribadi sempurna bebas dari batasan-batasan dan jauh dari ketidaksempurnaan. Ia adalah ruh yang murni, dan jiwa universum. Agama yahudi menunjukan bahwa alam dan semua fenomena-fenomena (gejala-gejalanya) merupakan bukti adanya tuhan pencipta alam.”

Daftar Bacaan :

Prof. H. M. Arifin, Menguak Misteri Agama-agama Benar Dunia, (Jakarta,: PT. Golden Trrayon Press,1995) cet. Ke 6
Dr. Ismail Yoghi, Terorisme Dalam Otak Zionis,(Jakarta, Pustaka Azam :2001)


1 Response to "Konsepsi Musa Tentang Tuhan"
ulfa.rochmawati@yahoo.com said :
2 Juni 2009 09.59
Assalamu'alaikum mas Indra Munawar
mas,saya mahasiswi PT Negeri di jatim. dalam tulisan anda sumber bacaannya adlh Prof. H.M. Arifina. Apkah mas punya biografi tentang beliau. saya sangat menbutuhkan biografi beliau untuk tugas skripsi saya. makasih

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links