Terbaru

Jumat, Maret 13, 2009

(0) Comments

Pengaruh Pemikiran Syeikh Ahmad Sambas di Indonesia

INDRA - Pengaruh Pemikiran Syeikh Ahmad K.Sambas di Indonesia melalui media dari suatu Tarekat , tarekat tersebut dikenal dengan TQN atau Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah. Tarekat ini adalah gabungan dari Tarekat Qadirriyah dan Tarekat Naqsayabandiyyah .Syeik Ahamad K . Sambas mengarang suatu kitab yang bernama kitab Fath Al Arifin, kitab ini menjadi panduan atau sumber dari Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah . Kitab ini berisikan tentang unsure – unsure ajaran secara garis besar dari Tarekat Qadiriyyah dan tarekat Naqsyabandiyyah.

Isi dari kitab adalah tata cara membaiat, 10 macam lathaif, menjelaskan tentang zikir ala Qadaryyah dan juga zikir ala Naqsyabandiyyah, selain itu menerangkan 3 Syarat yang harus dipenuhi bila sedang berjalan menuju Alloh SWT (zikir diam, merasa diawasi Alloh, meditasi, juga kitab ini menerangkan tentang silsilah Syeikh A.H Sambas hingga Rasulullah ,serta Khatam dari tarekat Syaikh A. Q jilani.

Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah di (Jawa Barat ) Cirebon, Banten.

Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah di Cirebon tokoh yang paling terkenal adalah Kiai Tolhah dan juga Abdullah Mubarok ( abah sepuh, wafat 1956 ).Abah sepuh ini pada tahun 1905 mendirikan pesantren Suryalaya. TQN suryalaya dikenal sebagai pusat TQN yang aktif dan dinamis. Zikir harian dilakukan setiap sesudah sholat, khataman dilaksanakan 2 minggu sekali , sedangkan di Banten Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah memainkan peranan yang penting dalam hal komunikasi dan koordinasi jaringan petani di adab -19 yaitu terjadinya pemberontakkan Petani Banten tahun 1888.

Pengaruh Syeikh Ahmad Sambas di derah Jawa timur yaitu banyak dibangunnya pondok pesantren yang pondok pesantren tersebut kental dengan ajaran Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah yang menjadikan tradisi – tradisi zikir dan khataman serta semua hal yang berhubungan dengan aspek kehidupan akhirat selalu terjaga .

Referensi :

Drs Hj Sri Mulyati MA Mengenal & memahami tarekat muktabarah di Indonesia, PT kencana , Jakarta cet -2, h 258

Drs Hj Sri Mulyati MA Mengenal & memahami tarekat muktabarah di Indonesia, PT kencana , Jakarta cet -2, h 263

Drs Hj Sri Mulyati MA Mengenal & memahami tarekat muktabarah di Indonesia, PT kencana , Jakarta cet -2, h 260
0 Komentar Pembaca (reader comment) to "Pengaruh Pemikiran Syeikh Ahmad Sambas di Indonesia"

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links