Terbaru

Kamis, April 09, 2009

(54) Comments

Rambutku Gondrong Lagi, Masalah Bermunculan

INDRA - Kalau ditanya masalah kepribadian, benarkah kepribadian orang itu dilihat dari penampilan?. Pada umumnya mungkin seperti itu, menurut pengalamanku beberapa lama ini banyak orang yang menilai kepribadian seseorang dilihat dari penampilannya saja.

Contoh, orang yang memakai celana jeansyang bolong-bolong pada bagian lututnya dianggapsebagai orang yang nggak bener, orang yang berambut gimbal dengan dandanan urakan dianggap sebagai orang yang nggak punya masa depan. Dan orang yang memakai baju compang-camping ketawa-ketawa sendiri dan ngomong sendiri dianggap sebagai orang gila (untuk yang satu ini kayaknya bener).

Penilaian itu memang tidak dirancang dan direncanakan, akan tetapi ternyata dilingkungan masyarakat ada hukum-hukum yang tidak tersurat dalam peraturan tetapi tersirat dalam kehidupan sosial. Sehingga semua orang sepakatbahwa orang yang melanggar hukum masyarakat yang tersirat tersebut memunculkan stigma-stigma lain di masyarakat.

Harus kita akui bahwa dalam kehidupan sosial kita masih ada hal-hal yang bisa di terima dan tidak oleh masyarakat. Dulu pertama kali kuliah rambut saya panjangnya hampir se-pundak, sebagian orang yang kenal dengan saya ada yang mengatakan bagus, gaul, seniman, musisi dan banyak lagi.

Tetapi ketika pulang kerumah, saya tidak di perbolehkan pulang sebelum rambut saya dipotong rapih, ketika kuliah hampir 7 kali saya di usir dosen karena rambut saya yang panjang, ketika mengajar musik di sekolah saya di panggil kepsek untuk merapihkan rambut saya dan ketika berhadapan dengan pacar, diapun begitu, tidak mau berpacaran dengan orang gondrong, karena kesan yang diberikan adalah:

- Bukan orang bener
- Kucel, kumel
- Nggak sopan
- Tidak seperti orang yang berpendidikan

Dan akhirnya saya potong rambut saya dengan rapih di salon "mang ujang" sebuah salon yang plus refleksi pijat tapimurah. Setelah rambut saya rapih, tak ada satuorang pun yang berkomentar jelek. semua bilang "nah ... begitu dong .. kan rapih keliatannya .seperti orang bener". Waduh,... memang susah merubah paradigma sosial yang sudah terlampau jauh seperti ini.

Tetapi harus diingat, ternyata di lingkungan masyarakt kita ada hukum yang memang tidak tertulis seperti yang sudah saya contohkan. Padahal kan tidak ada undang-undangnya dilarang gondrong. Gondrong, botak, berkumis, berjenggot, gimbal, celana bolong-bolong, rapih,berantakan, selengean, urakan itu merupakan hakkita. Namun jika kita tidak menghiraukan konteks sosial, maka akibatnya akan terdiskriminasi karena setiap daerah dan lingkungan mempunyai hukum masyarakat yang berbeda-beda.

Sekarang rambut saya sedikit gondrong lagi walaupun sayang, tetapi dengan sangat terpaksa saya harus memotong rambut saya lagi karena minggu depan saya disuruh pulang ke rumah. Dan demikelancaran kuliah saya, saya harus ikuti peraturan yang ada. Karena saya rasa sudah cukup dari dulu saya melawan stigma itu. tetapi ukum sosial memang luar biasa.

Mudah-mudahan ada manfaatnya, thanks...!!!
54 Komentar Pembaca (reader comment) to "Rambutku Gondrong Lagi, Masalah Bermunculan"
harex said :
9 April 2009 13.15
kok ga ada shotmixnya bro????
btw nice blog.....
9 April 2009 13.16
salam kenal mas dari anak seribu pulau...
waditra said :
10 April 2009 14.54
Kepribadian tidak dilihat dari tampilan luar. Casing boleh jelek tapi dalemnya boss....
12 April 2009 08.07
kapan mas pulang? lg di cisaat nih.. klo pulang maen ke warnet Quantum ya.. he..he

gondrong itu seni.. :D
suryaden said :
13 April 2009 15.26
salam kenal mas!
rambutnya keren! salam metal!!!!
Yehuda said :
13 April 2009 21.28
udah saya follow ya... folow balik...
Valter said :
13 April 2009 21.41
Good night Indra, thank you for the visit, good week with happiness and successes. Hugs.
13 April 2009 21.44
Nice rambut... mampir-mampir ya :-)
13 April 2009 21.45
salam kenal :-)
phiena-venus said :
13 April 2009 21.46
Ya susah jg mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap penampilan gondrong plus atribut kucelnya karena umumnya orang yg berpenampilan demikian memang berperilaku negatif. Tp sebenarnya banyak jg orang yg berpenampilan elit ternyata perilakunya lebih buruk. Jd kalo menurut aku sih penampilan tidak menunjukkan baik buruknya seseorang.
13 April 2009 21.53
biasanya klo musisi / pemain gitar itu gondrong. biar lebih mantap genjrengnya..btw-bsw meski saya juga musisi tpi ga gondrong hehehe...
13 April 2009 21.59
haha.. nice posting.. rambut gondrong sih ga masalah.. tinggal perawatannya aja gmana.. coba deh pulkam tetep berambut gondrong. kalo ortu marah ya dipotong. tapi kan ada juga kmungkinan ortu cma komen2 aja.. kalo dirapiin mgkin mreka masih mempertimbangkan.
Rumah Islami said :
13 April 2009 22.00
memelihara rambut gondrong agar terkesan rapih susah ya mas

memelihara rambut gondrong adalah hak...namun memelihara tali silaturahmi...apalagi sama orang tua ya... adalah kewajiban :)
reogzone said :
13 April 2009 22.19
manstap bos..opini nya!!!sedehana tapi nggigit!!
Natalia said :
13 April 2009 22.24
hehe...yah githu deh soal hukum menghukum..hayah, btw knapa gak ada shoutbox yah? apa saya yang gak liat? btw udah aku follow tuh..Merdeka!!
iwan said :
13 April 2009 22.35
mas...ada salam dari pak tung desem waringin.
ngajak supaya kaya.
Uke said :
13 April 2009 22.41
tergantung sih... gondrongnya jd bikin bagus atau malah jelek...
trus diurus atau gak tuh rambutnya...
males liat cowok gondrong, ganteng tp rambutnya bau :D
Joe said :
13 April 2009 23.44
masalahnya apa bos?? apa harus lebih rajin beli shampo biar rambutnya gak kusam. melilihara rambut panjang gampang2 susah sih.
14 April 2009 00.05
ternyata aku tidak sendirian gondronk di dunia ini.. Tapi sekarang mulai jenuh juga... Sejak awal kuliahan gondrong... Udah kerja masih gondronk juga... Gila aku baru nyadar udah 9 tahun ngegondronk....
14 April 2009 02.45
Artikel yang menarik.. sharekan bersama blogger yang lain di http://www.antarblog.com dan biarkan pembaca yang menilainya..
3ndur0 said :
14 April 2009 05.41
seppp deh sukses selalu
Raini Munti said :
14 April 2009 05.44
maaf ya mnurut survei, co gondrong lbh susah dpt istri :) jdi tmpil lbh rapi y pasti byk yg pangling hehehe (pdhl aku jg blm py suami)
Lisa said :
14 April 2009 06.42
hello was here dropping by....
14 April 2009 06.51
kl rambut bawah yang gondrong kepribadiannya gimana yah??

^_^
LittleOne said :
14 April 2009 07.45
Nga ada Buku Tamunya kah, but thank's for visiting me
qiemokie said :
14 April 2009 08.11
nice artikel ^_^
Gdrake said :
14 April 2009 09.28
sante rambut gondrong g berarti begundal ko, kekekek
Reny said :
14 April 2009 09.55
Gondrong ga selalu identik dengan berantakan kok... Yg penting selama bs tetap tampil rapih, menurut aku rambut gondrong malah lebih keren dibanding rambut pendek atau cepak. Pokoknya seneng dec klo ngeliat cowok berambut gondrong :D
assundawy said :
14 April 2009 10.33
artikel nya keren banget sob,,,,
Narti said :
14 April 2009 10.43
makasih kunjungannya Indra.
gk ada about me nya yah?
blogger mana nih ya?
salam kenal, sering2 mampir yah.
14 April 2009 12.49
Salam knal......!!!
diqky said :
14 April 2009 13.55
mampir fren. tukeran link ?
max said :
14 April 2009 15.08
waah...gitaris nih...hehe
Nopi said :
14 April 2009 15.08
Trims ya dah mampir...Wah ni article rada2 narsis nih??? salam kenal yah...
Indra said :
14 April 2009 15.37
waduh kok bisa sih nama kita sama
14 April 2009 15.54
haloooooo ndraaaaaa!!:D
bening said :
14 April 2009 18.11
mau panjang, mau pendek yang penting tetap coollll
he he he...
nice posting n met kenal
rajaby said :
14 April 2009 18.56
mana nih buku tamunya..?? apa koneksiku yang lemot ya..sampe gak ada..
Blok c No.3 said :
14 April 2009 19.44
Kunjungan balik sob...salam..
reni said :
14 April 2009 20.13
Pada dasarnya aku lebih suka yg berambut pendek, kesannya kan rapi tuh...
devianty said :
14 April 2009 20.28
hi, masih tetep gondrong hari ini atau ada mode baru, heheheheh
Fanda said :
14 April 2009 21.09
Halo Indra, salam kenal ya! Memang hidup bersosialisasi kadang bikin kebebasan berkrg ya! Untung ada blog, jd kita tetep bs umbar unek2 kita. Tetap semangat ngeblog ya!
14 April 2009 22.59
ndra.....
mampir nih ke tempat loe...!!!
hehheeheeheh
kurniawana said :
15 April 2009 11.09
> NDRA kamu tu bagusna gondrong. sebab klo kamu gak gondrong kamu mirip kristian sugiono, dan aku benci dg dia. bukannya apa2 dia telah merusak imajinasiku karena telah bpacaran dg Titi Kamal (alias maduma penyanyi dangdut dlm film MENDADAK DANGDUT)..tiap kali aq ngebayangin maduma tuk kuajak jalan kepasar..ee si cristian nyusul..kan kebangeten banget tu imajinasiku...hehehe.

> inti provokasinya...klo dg mempunyai rambut gondrong jdi banyak masalah..kan tambah asik tuch, jadi makin banyak bahan pembelajaran tuk perkembangan kepribadian kedepan...jadi makin banyak belajar, bagaimana caranya menjelaskan kemasyarakat bahwa gondrong tu bukan sesuatu hal yang melanggar kebenaran..yang terbangun tu kan cuma kesan..
kurniawana said :
15 April 2009 14.35
> komentku tadi sdah nyampe belum yach..koq gak da!!!wah bnar2 human error..koment lagi

> gini ndra...kamu tu cocokna brambut panjang. krna klo gak panjang, wajah mu itu mirip kristian sugiono. Dan aku benci dengannya karena dia tu pacaran dg Titi Kamal (alias MADUMA dlm film "Mendadak Dangdut"). Bagaimana gak ku benci coba tiap kali aq membayangkan MADUMA tuk kuajak kencan kepasar..ee,tiba2 kristian muncul. apa itu gak merusak imajinasiku namanya...kebangeten GILAnya tho imajinasiku Ndra..

> Sori jadi malah Curhat...

> Gini Provokasinya Ndra...jika rambut gondrong menjadikan banyak masalah, itu kan bagus tho. semakin banyak masalah semakin cepat kita memahami kehidupan...hehehe...jadi nglantur

> yo wis...aq mlaku maneh
15 April 2009 17.29
blog walking... thanks for coming...
15 April 2009 17.33
nice information... thankz for coming...
ujex_46 said :
15 April 2009 17.37
hehe, berkunjung bro

kalo rambut lo kayak gitu di sekolah gw bakal dipangkas abis
ujex_46 said :
15 April 2009 17.38
pangkas aja bro
azzalea said :
17 April 2009 18.46
permisi mw tukar banner..wkwkwk..
Andryan said :
17 April 2009 19.11
Mau ngelapor nih...
Udah ada postingan baru dengan judul: Sidak Itu Cuman Mitos
http://andryanseekyou.blogspot.com/2009/04/sidak-itu-cuman-mitos.html
Mohon kunjungi dan kasi komen ya? Thanks...



GONDRONG MODE ON
azzalea said :
18 April 2009 14.02
wah klo gongrong berkumpul dan berjalan jadinya gmn y???wkwkwkwk...
Anonim said :
16 April 2010 05.59
http://www.goodreads.com/topic/show/316523-buku-baru-marjin-kiri-dilarang-gondrong
Dragon Kvn said :
18 Agustus 2013 14.29
lbh baik aku gondrong tapi bebas

daripada berambut pendek tapi terkekang

kalau aku berambut pendek itu, hidupku rasanya seperti dijajah dan terkekang ibarat burung dlm sangkar

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links