Terbaru

Selasa, Agustus 19, 2014

(0) Comments

Sejarah Singkat PHP

INDRA - POSTAR

PHP pertama kali dibuat di musim gugur pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdoff (rasmus@php.net,) , awalnya di gunakan pada web sistem untuk mencatat siapa saja yang berkunjung dan melihat biodatanya . versi pertama yang di-release tersedia pada terdiri atas engine parser yang sangat sedrhana yang hanya mengerti beberapa marko khusus sejumlah utilitas yang sering di gunakan pada halaman-halaman web , seperti buku tamu , counter 1995 dan di beri nama PHP/FI versi 2.0. FI berasal dari paket yang kemudian di kombinasikan dengan tool personal home page dan di tambahkan dukungan database mSQL (mini SQL).

Tahun 1995 ini di anggap sebagai tahun kelahiran dari PHP/FI yang kemudian membuat pertumbuhan aplikasi web yang pesat , dann banyak orang kemudian berkontribusi mengembangkan PHP?FI penggunakan PHP/FI tetapi di perkirakan pada akhir 1996 telah digunakan sedikitnya 15000 website di seluruh dunbia dan pertengahan 1997 mencapai 5000 situs.

Pada pertengahan 1997 ini juga terjadi perubahan pengenmbangan PHP. Pengembangan dilakukan oleh tim yang terorganisasi bukan oleh Rasmus sendiri lagi . parser di  kembangkan oleh Zeev Suraski dan Andi Grutmans yang kemudian menjadi dasar untuk  menambah kemampuan dari versi 2. Versi terakhir (PHP 4) (performance) dan mempunyai dukungan yang banyak berupa ekstensi dan fungsi berbagai library pihak ketiga ( third party ) dan berjalan seolah modus asli (native) dan berbagai server wrb yang populer .

Sejak januari 2001 PHP3 dan PHP4 di sertakan pada sejumlah produk server komersial seperti web strongHold RedHat . perkiraan konservatif yang dapat dari angka yang di berikan oleh netcartft (http://netcarft.com) yang diekspotasi pengguna PHP sekitar 5.100.000 sedikit lebih banyak dari server web yang mengunakan microsoft IIS ( 5.03 juta ) di internet. Berdasar data terakhir netcraft maret 2002 pemakaian PHP telah mencapai hampir 9juta nama domain . 

PHP versi 4.2.0 direlease pada tanggal 22 april 2002 . perbaikan pada bug (kesalahan-kesalahan) terutama pada upload file memalui lebih memudahkan lagi pengembang aplikasi untuk membuat program yang lebih baik . jumlah fungsi yang ada sampai dengan versi ini mencapai ribuan fungsi dan di kelompokan menjadi 109 fungsi , banyak bertanbah dari versi sebelumnya. Sampai dengan versi 4.3.7 tecatat ada 125 kelompok yang di miliki oleh PHP.

Saat ini pengembangan PHP telah memasuki versi 5 sampai buku ini di susun , php versi 5 baru mencapai tahap beta ( release candidate ke -4 ) masih dalam uji coba Versi stabil yang biasa di gunakan adalah versi PHP 4.3;7 penulis sendiri yang masih ada  menggunakan PHP versi 4.3.6 untuk menguji materi yang ada dalam buku ini . tidak ada perubahan signifikan pada kedua versi ini.
0 Komentar Pembaca (reader comment) to "Sejarah Singkat PHP"

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links