Terbaru

Minggu, November 16, 2008

(0) Comments

Saat Musik Menjadi Pembangkit Spiritual Manusia

INDRA - Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

* Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya

* Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Saat musik menjadi pembangkit spiritual manusia maka yang terjadi adalah dibawanya kita ke alam bawah sadar. Pernahkah anada melihat orang bermain musik sampai tidak bisa mengontrol dirinya? Pernahkah anda melihat orang menikmati musik dengan menari seolah sedang bertemu Tuhan dan berjoget seolah sedang menumpahkan segala rasa yang ada.

Dalam pembahasan ini saya akan menjelaskan tentng musik yang menjadi pembangkit spiritual manusia. Musik bisa membuat orang senang, sedih dan emosi secara tiba-tiba, yang sebetulnya hanya koneksi antara indera pendengaran saja yang ditransfer kedalam perasaan yang menimbulkan suatu tindakan dari partikel emosi yang terdapat dalam diri.


Bagamana musik dapat membangkitkan spiritual manusia?

Sebetulnya tidak semua penikmat musik dapat dikategorikan sebagaimana judul diatas, akan tetapi jika seseorang itu memahami dan merasakan secara mendalam dari musik yang di dengarnya maka akan timbul kecendrungan dalam pembangkitan spiritual dari manisia itu sendiri.

Sebagai contoh yaitu para penari sufi, para penari ini sudah faham betul dengan alunan bunyi dan nada dari sebuak komposisi musik sehingga mereka lupa dengan apa yang telah didengarkan (permainan alam bawah sadar) yang terjadi adalah kontinyuitas hasil transfer indera pendengar kepada perasaan yang menimbulkan emosi terhadap apa yang diinginkan.

Para penari sufi biasanya melakukan tarian tersebut sebagai bentuk ritual mahabbah (bercinta dengan tuhan) menebarkan cinta-cinta tuhan dengan tarian berputar-putar selama beberapa jam.

Setelah musik di transformasikan kedalam sebuah kegiatan ritualtersebutlah maka musik itu menjadi pembangkit bagi spiritual manusia. Hal ini terjadi pula pada musisinya itu sendiri. Seperti contoh aliran musik Ghotihc yang membawa mereka pada pembangkitan spiritual manusia.

(referensi : wikipedia, Music Of Mistery, Teologi Kontemporer)

0 Komentar Pembaca (reader comment) to "Saat Musik Menjadi Pembangkit Spiritual Manusia"

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links