Terbaru

Selasa, Maret 31, 2009

(6) Comments

Air Adalah Sumber Dari Segala Sesuatu

INDRA - Diriwayatkan bahwa Kaisar Romawi menulis surat kepada Ma'awiyah binAbi Sufyan yang dibawa oleh seorang utusan. Isi surat tersebut:"Beritahukan kepada saya tentang suatu yang tidak ada kiblatnya(pengimaman), tentang yang tidak punya ayah, tidak punya keluarga(ibu-bapak) dan orang yang dibawa-bawa oleh kuburannya. Juga tentangtiga makhluk yang tidak dicipta dalam rahim, tentang sesuatu,setengahnya dan yang tidak terbilang. Kirimlah kepadaku dalam botolsuatu bibit (sumber dari segala sesuatu)".

Ma'awiyah r.a. kemudian mengirimkan surat dan botol tersebut kepadaAbdullah Ibnu Abbas r.a., pakar dan tokoh ulama fikih agar menjawabsurat itu.

Ibnu Abbas r.a. menjawab sebagai berikut: "Yang tidak punya kiblat(pengimaman) adalah Ka'bah. Yang tidak punya Ayah adalah Isa as. Yangtidak punya keluarga (ayah-ibu) ialah Adam as. Yang dibwa-bawa olehkuburannya ialah Yunus as yang ditelan oleh ikan hiu.

Adapaun tiga makhluk yang tidak dicipta dalam rahim ialah domba NabiIbrahim as., unta betina Nabi Saleh as., dan ular Nabi Musa as..

Adapun 'sesuatu' itu ialah orang berakal yang menggunakan akalnya.Setengah (separo) dari sesuatu ialah orang yg tidak berakal tetapimengikuti pendapat orang-orang yang berakal. Adapun yang tidakterbilang (apa-apa) ialah orang yang tidak berakal dan tidak maumengikuti pikiran orang-orang yang berakal.

Kemudian, beliau mengisi botol sehingga penuh dengan air dan berkata,"Air adalah bibit (sumber) dari segala sesuatu."

Jawaban surat Ma'awiyah dikirimkan kepada Kaisar yang menanggapinyadengan penuh kekaguman.

6 Komentar Pembaca (reader comment) to "Air Adalah Sumber Dari Segala Sesuatu"
suzhu said :
1 April 2009 13.56
stujuuu...aq jg pernah baca buku the power of water (klo g salah) isinya tentang penelitian air. ternyata air bisa mendengar ucapan kita en bereaksi pada setiap ucapan yang keluar dr mulut kita.
Maya O.Z.K said :
1 April 2009 14.17
beneeer jugaaa.. :D
aroel said :
3 April 2009 10.17
mungkin kmu pernah baca tentang orang jepang yang selalu mendoakan air dengan kata2x mutiara dan air itu berbentuk indah dan jika di maki2x akan berbentuk jelek air sama halnya dengan hati manusia mudah tersinggung hahahahahah
Q_XidiX said :
4 April 2009 21.53
betul juga ya...
MS. WIBOWO said :
5 April 2009 16.47
di Yunani, air disebut sebagai sumber segala kehidupan pada zamannya filosof pertama yang bernama Thales. Hal itu diungkapkan sejak ratusan bahkan ribuan tahun sebelum masehi.
Ibnu Abbas psti sudah belajr filsfat.makanya dia menjawab spti itu. Sebagaimana diketahui,masa-masa itu filsafat islam, yang mengadopsi filsafat yunani, sedang berkembang-kembang
skyrider27 said :
22 April 2009 01.46
saya sangat setuju dengan hal itu, orang seminggu ga makan masih bisa bertahan hidup tapi klo seminggu ga minum ga bisa bertahan hidup

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links