Terbaru

Jumat, Maret 13, 2009

(1) Comments

KH Ahmad Dahlan dan Hasyim Ashari Mempunyai Guru Yang Sama

INDRA - Mengapa Pemikiran mereka berbeda ?

KH Ahmad Dahlan beberapa kali pergi ke Makkah untuk menunaikan haji serta belajar dan pada ibada haji yang kesekian kali setelah tahun 1980, KH Ahmad Dahlan memutuskan untuk bermukim di Makkah untuk memperdalam berbagai ilmu dengan beberapa ulama, dan pada suatu hari , suatu tukar pikiran yang akan melahirkan sikap pemikiran pembaharuan modernisme islam sebagai protes cultural terhadap pelaksanaan keagaam korservatif dan sinkretisme di Jawa nantinya, adalah tukar pikirannya Dahlan dengan Muhammad Rasyid Ridha ( seorang tokoh modernisme Islam di Mesir ). Dari Dialg ini Dahlan kemudioan terdorong untuk mmeperdalam pemikiran keagamaan Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh yang dipublikasikan oleh majalah Al Urwatul Wutsqa dan Al Manar.

Pemikiran keagamaan tokoh modernis ini bersesuaian dengan pandangan dan pemikiran Dahlan yang berkeinginanmelakukan perbaikan kehidupan keagamaan masyarakat Jawa sesuai dengan pemahaman yang benar. Pandangan – pandangan para modernis Islam itu terutama menitikberatkan pada pemurnian Tauhid ( peng – Esaan Alloh ) melalui suatu pemikiran dan penelitian yang didasarkan atas epistimologi sehingga tidak beriamn secara taqlid ( secara membabi buta percaya pada keterangan seseoarang tanpa mengetahui landasannya ).

Hal ini amat sesuai dengan pola pemikiran Dahlan yang akhirnya Ahmad Dahlan berbeda dengan KH Hasyim Ashari yang notabenenya lebih dekat kepada konsep muslim tradisional , pola pemikiran Tradisioanal dan lebih kepada hal cultural dalam menjalankan Kehidupan Islam. Dan juga kebanyakan hasil dari pemikiran KH Hasyim Ashari beredar di kalangan kaum Muslim yang trasisional.

Referensi :

MT Arifin. Gagasan Pembaharuan Muhammadiyah. Pustaka Jaya,Jakarta . h 103
1 Response to "KH Ahmad Dahlan dan Hasyim Ashari Mempunyai Guru Yang Sama"
23 Desember 2013 21.43
semnagt gan nulis artikelnya :)

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links