Terbaru

Jumat, Maret 13, 2009

(1) Comments

Perang Paderi Dianggap Sebagai Pembaharuan Islam di Sumatra

INDRA - Perang paderi dianggap sebagai pembaharuan Islam di karena tujuan dari perang paderi adalah memiliki kekuasaan yang kuat dan dengan memiliki kekuatan atas kekuasaan kaum ulama dapat menguatakan ajaran Islam yang telah banyak ditinggalkan. Kondisi pada saat itu daerah Minangkabau jauh dari apa yang Isalam ajarkan dsan syariatkan oleh agama Islam .

Gerakan paderi sendiri Gerakan paderi dipelopori oleh para ulama ( yang paling dikenal adalah Tuanku Imam Bonjol Dan Datuk bendaharo ), mereka (para ulama) mencoba untuk melaksanakan aap yang telah disyariatkan oleh Islam , akan tetapi Golongan adat yang memiliki sifat karakteristik tradisional tidak mau meninggalkan adat istiadat lama walaupun itu bertentangan dengan Islam. Dan juga kaum adapt merasa bahwa kaum ulama telah ingkar kepada adat dan menginginkan penghancuran terhadap adapt yang telah lama ada serta sudah berakar.

Perang paderi sendiri terjadi dikarenakan tidak ada jalan keluar lagi yang bisa dilakukan oleh kaum paderi apalagi kaum adapt semakin gencar saja untuk menghentikan usaha kaum paderi untuk membenahi akhlaq masyarakat Pertempuan terjadi dan dimenangkan oleh kaum paderi, dan dengan kemenangannya itu kaum paderi memiliki kekuasaan yang lebih kuat dari sebelumnya. Dengan kekuasaan tersebut kaum paderi mencoba untuk meluruskan kehidupan Islami yang ada di Minangkabau, contohnya dengan mengeluarkan suatu undang – undang yang melarang hal – hal yang dapat melanggar hukum Islam untuk dikerjakan sehingga ajaran Islam dapat mewarnai kehidupan masyarakat.

Imlipkasinya pada saat ini

· Sumatra barat dikenal sebagai daerah yang kental dengan kehidupan masyarakat yang islami.

· Sumatra barat menjadi provinsi yang memiliki aturan syariat Islam ( pem prov )

· Penghormatan terhadap ulama lebih besar dari pada kepada kaum atau petinggi adat

· Sumatra Barat memiliki Motto/ Semboyan dengan memasukan kata “ Kitabullah “ (yang berarti syariat Islam )

Referensi :

Burhanuddin daya, gerakan pembaharuan pemikiran Islam Kasus Sumatra Thawalib,tiara wacana, yogyakarta h 50

M. Syamsul As..ulama pembawa Islam di Indonesia dan sekitar, PT Lentera: Jakarta 1999, h 170
1 Response to "Perang Paderi Dianggap Sebagai Pembaharuan Islam di Sumatra"
pengobatan said :
14 Desember 2009 11.40
From malik ar’asy
Click http://ww.intimidasi1942.blogspot.com

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links