Terbaru

Kamis, April 30, 2009

(3) Comments

Organisasi Dan Lembaga Serta Perbedaanya

INDRA - Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

Organisasi tersusun secara sistematis, tersdiri dari susunan keanggotaan yang memiliki tugas dan fungsi masing masing.

Menurut James D. Mooney oranisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Dari definisi tersebut terlihat jelas bahwa organisasi dirikan oleh orang-orang yang memiliki tujuan serta fisi yang sama yang ingin dicapai secara bersama-sama.

Sedangkan yang dimaksud dengan lembaga adalah suatu institusi yang dibentuk maupuan tidak oleh suatu masyarakat tertentu untuk menunjak kehidupannya.

Lembaga lokal berbeda dengan organisasi dilihat dari berbagai sisi, dari sudut komponen pembentuk misalnya, lembaga tidaklah memiliki struktur kepungurusan, pola kepemimpinan dalam lembaga tidak berdasarkan pemilihan atau diangkat, akan tetapi kepemimpianan akan terbentuk dengan sendirinya.

Disamping itu lemgaba dibentuk berdasarkan hal-hal sebagai berikut:

1. Cara. Yang dimaksud dengan cara disisni adalah mengacu pada suatu keadaan dalam masyarakat yang menggunakan symbol-simbol tertentuk untuk memaknai sebuah hal atau peristiwa.

2. Kebisaan. Yang dimaksud dengan kebiasan adalah prilaku masyaralat berulang secaar terus-menerus dalam jangka waktu tertentu, sehingga perilaku tersebut sudah menjadi kebisaan yang dsulit untuk dilupkan.

3. Adat Istiadat. Adalah suatu cara dan prilaku masyarakat dalam memakanai kehidupan dalam bentuk upacara ritual, makan adat istiada disini lebih mengacu pada nilai-nilai budaya yang dipegang oleh masyarakat dan menjadi nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat.

3 Komentar Pembaca (reader comment) to "Organisasi Dan Lembaga Serta Perbedaanya"
Anonim said :
20 Oktober 2011 19.32
kak indra,.lam kenal.. aq lu2 dr jogja..
bisa bagi ilmunya lagi?? ^^
aq pengen tau lebih konkrit ttg lembaga kak..kdg qt sering mendengar,mengucapkan dan menggunakan suatu 'kata' tanpa tau makna/arti/maksud kata yang sebenarnya. kayak aq ne kak, tnyt untuk menjelaskan apa itu 'LEMBAGA' aja masih blom mantep..makanya pengen tanya2 ke kak indra ^^

gini, katanya kan lembaga itu institusi yang dibentuk maupuan tidak oleh suatu masyarakat tertentu untuk menunjak kehidupannya.
nah, yg pengen aq tanya.. maksudnya lembaga yang tidak dibentuk t apa kak?? trus misalnya apa??

thanx bgt y kak..
mg kak indra berkenan share ^^
17 September 2012 08.50
Sesuai dengan Richard Scott (2008) dalam konsep New Institutionalism, lembaga terdiri atas 3 hal
hyakni normatif, regulatif, dan kultural kognitif. Kalo organisasi, ya sebagaimana organisasi yg sudah kita kenal. Selengkapnya bisa baca disini: ttp://websyahyuti.blogspot.com/2010/10/lembaga-dan-organisasi-petani-dalam.html
19 September 2012 12.22
Sesuai Scott (2008) dalam konsep New Institutionalism, lembaga terdiri atas 3 hal (normatif, regulatif, dan kultural kognitif). Organisasi adalah aktor, yg hidup dalam lembaga. http://websyahyuti.blogspot.com/2010/10/lembaga-dan-organisasi-petani-dalam.html

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links