Terbaru

Sabtu, Mei 02, 2009

(36) Comments

Hang Drum Instrumen Musik Yang Unik



INDRA - Setelah menulis tentang sekilas tentang karawitan, bansi dan saluang minang, kecapi sunda dan kendang sunda sebagai sebuah bentuk ungkapan ingin melestarikan budaya bangsa, saya coba melirik instrumen musik dunia luar.

Semula saya mencoba mencari alat-alat musik yang unik di belahan dunia dengan berkelana di youtube, dan setelah itu saya baru tahu ternyata ada alat musik pukul yang bernama Hang Drum. Entah dari mana nama itu berasal, yang pastihang drum saat ini sedang di kembangkan di negara Swiss.

Asal mula penamaannya yaitu dari kata "Hang" itu sendiri yang artinya adalah tangan dalam bahasa Bernese dan terkadang sering di sebut "hung atau Hong". Hang drum merupakan hasil dari penelitian dari peneliti musik instrumen di seluruh dunia.

Hang drum terbuat dari baja dan berbentuk seperti piring terbang. pada bagian bawahnya terdapat bolongan kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Pada bagian atas terdapat 9 titik dan disesuaikan dengan 7 tangga nada standar sementara pada bagian atas terdapat benjolan kecil yang biasanya di gunakan untuk bass.

Jika kita mendengar sekilas permainan hang drum maka akan tampak seperti suara gamelan. dan cara memainkannya pun hanya dengan di pukul dengan pukulan yang dinamis yang mengikuti tempo tersendiri sehingga menghasilkan nada dan musik yang harmonis.

Penasaran ingin melihat permainan hang drum. Silahkan klik disini.

Mudah-mudahan bermanfaat.
36 Komentar Pembaca (reader comment) to "Hang Drum Instrumen Musik Yang Unik"
dexsa said :
2 Mei 2009 13.46
lumayan infonya, gw baru tau dan baru liat nih.... unik juge
comic HF said :
2 Mei 2009 13.54
Ha3 keren juga nih drum. Instrumen yang unik^^.
2 Mei 2009 14.09
Artikel anda sangat menarik. Saya tunggu artikel anda berikutnya

Jangan lupa berkunjung ke tempat saya Marcellino
kurniawana said :
2 Mei 2009 14.09
kereen...dan patut dbajak kberadaanya tuk konsumsi rakyat indonesia, produk orang luar inih...dan akan lbih keren lgi jika dpadu padankan dg gamelan (baca= alat musik tradisional)...nesinpo
dee-Q said :
2 Mei 2009 14.12
Waaahhh...baru denger n' baru liat tuh sob..jadi nambah pengetahuan nech...hehehe...

Nice post...
nat-nit-nut said :
2 Mei 2009 14.22
gue pertamaxxx . . .

itu drum jadul ya mas ?? saya kira mangkok adah sayur . . hahahahah
ReGiE said :
2 Mei 2009 14.51
hang drum....kayak kuali mamak aku ya,,heheheh,,,betul-betul unik...di t4 kita uda ada yang bisa makenya gk ya???bisa peluang bisnis toe..hehehe
Edoz said :
2 Mei 2009 14.51
alat musik yang unik
ITCOMMUNION said :
2 Mei 2009 14.53
Mana buku tamunya bos, susah but tinggalin jejak nih...
ballwell said :
2 Mei 2009 15.03
lumayan thu dibuat wajan bolic. . .
Ameera said :
2 Mei 2009 15.40
Kayak antena parabola yah...
2 Mei 2009 16.02
INFONYA KRENN BO??
Jamal said :
2 Mei 2009 16.24
Info yang bagus dan kalau aku liat kaya tempurung kura-kura.
Pierre said :
2 Mei 2009 17.18
Nice blog....all the best...
ridwan171 said :
2 Mei 2009 17.37
iyah bener kya kuali emak anee....
2 Mei 2009 17.57
kayak kuali nyak gue ya....ckckckc..kreatif si bule y
sarah said :
2 Mei 2009 18.17
artikelnya bagus.....p kbr neh
aldy said :
2 Mei 2009 19.13
wahhh, jadi penasaran mo denger bunyinya..^^
aldy said :
2 Mei 2009 19.14
dah di follow, follow balik yaa
2 Mei 2009 20.48
wah keren2 bisa tau alat musik baru..
hahaha.
unik2.
2 Mei 2009 20.58
INFONYA KRENN BRO??
faizz said :
3 Mei 2009 06.33
nice artikel kawand, walah tapi tak kalah bagus senyum di photomu, jiahhhhhhhhhhhhh
calvin said :
3 Mei 2009 08.29
unique drum,, bentuknya kaya penggorengan y..??
3 Mei 2009 16.41
okelah
Ani said :
3 Mei 2009 20.25
He..he..memang unik ya bentuknya, kayak penggorengan. Thanks ya kunjungannya ke blogku.
ppipyo said :
3 Mei 2009 23.19
wah mantab tu.. aku baru tau ni.. hehehe
4 Mei 2009 03.22
indra..follow me back yok.
niway,nice blog.
=)
eden said :
4 Mei 2009 17.28
hi, have a good week
coetanarie said :
5 Mei 2009 22.02
huy....thank's buat kunjunganya
rusakparah said :
7 Mei 2009 12.02
Ini beneran Drum? yakin bukan wajan? hehehhehe
15 Mei 2009 13.19
makasih da ngunjungi blog ku
salam kenal juga ya..
Anonim said :
19 Desember 2009 22.30
kalau bisa saya mau lihat video nya supaya dapat di dengar bagaimana warna suara pada alat musik ini...
Thanks (^_^)b
Anonim said :
1 Mei 2012 13.29
gan kira kira yg jual hang drum ini dmn yah aku nyari nyari hang drum ini susah banget ga,,
mohon infonya yah ga terima kasih.
9 Juni 2012 20.09
Harganya berapa ya alat musik itu??? Mohon infonya yaaa
Anonim said :
6 Desember 2012 02.15
Sama gan... ane juga lagi nyari2 hang drum. Kayaknya yg jual beginian blum ada di Indonesia.
19 Maret 2016 21.41
harganya istemewa sekali 13juta ada yang jual agak murah g ya?

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links