Terbaru

Jumat, Juni 12, 2009

(1) Comments

Perbedaan Antara Kesalahan Dan Perkembangan

INDRA - Perbedaan Antara Kesalahan Dan Perkembangan

Pengertian kesalahan

Pada masa kebangkitan kembali pada anakes, mulai terjadi perubahan drastis terhadap landasan teori dan daerah cakupannya. Perubahan ini dimotori oleh para pakar lingustik terapan Inggris dan pengikutnya seperti Corder, Streven dan Selingker. Mereka menyarankan cara baru memandang kesalahan berbahasa yang dibuat oleh siswa.

Kalau dahulu kesalahan itu dipandang dari kacamata guru yang mengukur penampilan siswa dengan norma bahasa yang dipelajari, maka kini dipandang dari kesamaan strategi yang digunakan anak-anak dalam belajar bahasa dan cara siswa mempelajari B2.

Berdasarkan sudut pandang siswa ini, kesalahan tidak hanya sebagai sesuatu yang tidak dapat dielakkan tetapi juga sebagai bagian yang penting dari suatu proses belajar bahasa.

Di samping konsep tersebut, para pakar anakes membuka lapangan penelitian baru yang menarik untuk diteliti. Lapangan atau cakupan baru ini terkenal dengan istilah “interlangguge”. Walaupun batas dab beda karakteristik antara analisis kesalahan dan antar bahasa ini tidak selalu jelas dan tegas, namun kedua-duanya tetap dibedakan.

Pengertian Perkembangan

perekembangan adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebih maju. psikologi perkembangan dari Illinois State University bernama Laura E. Berk (1989) setelah mempelajari dan meneliti berbagai aspek perkembangan individu, sampailah dia pada suatu kesimpulan bahwa perkembangan bahasa merupakan kemampuan khas manusia yang paling kompleks dan mengagumkan.

Sungguh bahasa itu kompleks, namun pada umumnya berkembangan pada individu dengan kecepatan luar biasa pada pada awal masa kanak-kanak.Anak datang dengan kemampuan membedakan bunyi yang bersesuaian dengan fonem yang berbeda dalam semua bahasa. Apa yang berbeda selama tahun pertama kehidupan adalah bayi mempelajari fonem mana yang relevan dengan bahasanya, dan kehilangan kemampuan untuk membedakan bunyi-buyi yang bersesuaian dengan fonem yang sama dalam bahasanya.

Fakta luar biasa tersebut ditentukan oleh eksperimen dimana bayi dipresentasikan pasangan bunyi secara berututan sementara mereka mengisap.

Berbagai peneliti psikologi perkembangan mengatakan bahwa secara umum perkembangan bahasa lebih cepat dari perkembangan aspek-aspek lainnya, meskipun kadang-kadang ditemukan juga sebagian anak yang lebih cepat perkembangan motoriknya daripada perkembangan bahasanya.

Berdasarkan hasil-hasil penelitiannya maka para ahli psikologi perkembangan mendefinisikan perkembangan bahasa sebagai kemampuan individu dalam menguasai kosa kata, ucapan, gramatikal, dan etika pengucapannya dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan umur kronologisnya. Perbandingan antara umur kronologis dengan kemampuan berbahasa individu menunjukkan perkembangan bahasa individu yang bersangkutan.

Sumber Buku Bacaan :

Heri Guntur Taringan, Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.(Bandung: Angkasa, 1988)

Alex,Sobur. Psikologi Umum. (Bandung: Pustaka Setia 2003)

1 Response to "Perbedaan Antara Kesalahan Dan Perkembangan"
Javabis99 said :
9 September 2009 02.37
Agak filosofis dikit tapi postingan ok sob.

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links