Terbaru

Selasa, Agustus 19, 2014

(1) Comments

Pengertian dan Tujuan Pendidikan Islam

Bila pendidikan diartikan sebagai latihan mental, moral, dan fisik yang bisa menghasilkan manusia berbudaya tinggi maka pendidikan berarti menumbuhkan personallitas ( kepribadian ) serta menanamkan rasa tanggung jawab. Usaha kependidikan bagi pertumbuhan manusia.

Tujuan dan sasaran pendidikan berbeda beda menurut pandangana hidup masing-masing pendidikan atau lembaga pendidikan. Oleh karenanya perlu dirumuskan pandangan hidup Islam yang mengarahkan tujuan dan sasaran pendidikan Islam.

Oleh karena itu bila manusia yang berpredikat muslim benar-benar akan menjadi penganut agama yang baik,menaati ajaran Islam dan menjaga agar rahmat Allah tetep berada pada dirinya. Ia harus mampu memahami , menghayati, dan mengamalkan ajarannya sesuai iman dan akidah islamiah.

Untuk tujuan itulah manusia harus di didik melalui proses pendidikan Islam. Berdasarkan pandangan di atas pendidikan Islam berarti sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseorang untuk memimpin kehidupan sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai Islam yang telah menjiwai mewarnai corak kepribadiannya.

Dengan kata lain manusia yang mendapatkan pendidikan Islam harus mampu hidup di dalam kedamaian dan kesejahteraan sebagaimana diharapkan oleh cita-cita Islam.

Dengan demikian pengertia pendidikan Islam adalah sesuatu sistem kependidikan yang mencangkup seluruh aspek kehidupan yang di butuhkan oleh hamba Allah, sebagai mana Islam telah menjadi pedoman bagi seluruh aspek kehidupan manusia, baik duniawi maupun ukhrawi.

Mengingat luasnya jangkauan yang harus di garap oleh pendidikan Islam, maka pendidikan Islam tetap terbuka terhadap tuntutan kesejahteraan umat manusia, baik tuntutan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi maupu tuntutan pemenuhan rohaniah. Kebutuhan itu semakin meluas sejalan dengan meluasnya tuntutan hidup manusia itu sendiri. Oleh karena itu dilihat dari pengalamanya, pendidikan islam berwatak akomodatif terhadap tuntutan kemajuan zaman sesuai acuan norma-norma kehidupan islam.
1 Response to "Pengertian dan Tujuan Pendidikan Islam "
10 Agustus 2016 21.10
Ditunggu update nya gan

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links