Terbaru

Selasa, Agustus 19, 2014

(0) Comments

Strategi Pendidikan Islam

INDRA - POSTAR



Dalam proses, pendidikan di perlukan perhitungan tentang kondisi dan situasi dimana proses tersebut berlangsung dalam jangka panjang. Dengan perhitungan tersebut tujuan yang hendak di capai terarah karena segala sesuatunya di rencanakan secara matan.

Itulah sebabnya pendidikan Islam memerlukan strategi  yang mantap dalam melaksanakan proses pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi yang ada. Juga bagaimana agar dalam proses tersebut ditemui hambatan serta gangguan baik internal maupun eksternal yang menyangkut kelembagaan atau lingkungan sekitarnya. 

Strategi biasanya berkaitan dengan taktik (terutama banyak di kenal dalam lingkungan militer). Taktik adalah segala cara dan daya untuk menghadapi sasaran maksimal. Dalam proses pendidikan, taktik tidak lazim di gunakan,c akan tetap yang berbeda meskipun tujuanya sama. Metode adalah jalan yang harus dimulai untuk mencapai tujuan. Sedangkan taktik ada;ah cara mengerjakan sesuatu. Jadi, metode mempunyai pengertian lebih luas dan lebih ideal serta konsensional.
Namun demikian, strategi yang baik adalah bila dapat meahirkan metode yang baik pula, sebab metode adalah suatu cara pelaksanaan strategi.

Strategi pendidikan pada hakikatnya adalah pengetahuan seni mendaya-gunakan semua faktor/kekuatan untuk mengamankan sasaran kependidikan yang hendak dicapai melalui perencanaan dan [engarahan dalam operasionalisasi sesuai dengan situasi dan kondisi lapangan yang ada. 

Termasuk pula perhitungan tentang hambatan-hambatan baik berupa fisik maupun berupa nonfisik (seperti mental spiritual dan moral baik dari subjek lingkungan sekitar). Strategi pendidikan dapat diartikan sebagai diartikan sebagai kebijakan dan metode umum pelaksanaan proses pendidikan.

Dengan demikian strategi pendidikan Islam adalah seperti yang di tunjukan Allah dalam firman-Nya antara lain:
“Dan berusahalah mendapatkan segala apa yang telah Allah berikan mengenai tempat hidup tinggalmu di akhirat, dan janganlah kamu melupakan nasib hidupmu di dunia, dan berbuatlah kebaikan sebagaimana Allah teah berbuat kebaikan kepadamu. “ (QS. AL Qashash: 77)

“ Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu pengetahuan. “ (QS. Al Mujaadalah: 11)

Dialah yang mengutus kepada umat yang buta hruf seorang rasul di antara mereka yang membacakan yang membaca ayat-ayat-Nya kepada mereka membersihkan hati serta mereka kitab dan hikmah. Dan sesungguhnya benar benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al Jumu’ah : 2)
“Dan ayat lainya adalah tentang pentignya pembinaan akhlak sesuai contoh Tingkah laku Nabi sendiri sebagai berikut.

Dan sesungguhnya kau adalah benar-benar berbudi pekerti yang luhur (QS . Al Qolam : 4 ).

Karena pekerjaan mendidik sangat membutuhkan landasan mental dan spiritual terutama yang memberikan optimisme dalam sikap mendidik maka Allah memberikan petunjuk bahwa manusia pun mempunyai kemampuan untuk menunjukkan orang lain ke arah jalan  yang lurus.
0 Komentar Pembaca (reader comment) to "Strategi Pendidikan Islam"

Poskan Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links