Terbaru

Selasa, April 28, 2009

(3) Comments

HOTSPOT FITK UIN Jakarta Dan IP Address ( User Name dan Pasword )

INDRA - Di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta layanan internet tanpa kabel atau wi-fi ( wireless fidelity) sudah marak digunakan oleh para mahasiswa/mahasiswi UIN Jakarta. Rata-rata perguruan tinggi di seluruh Indonesia menggunakan fasilitas ini guna menghindari ketertinggalan, karena zaman sekarang yang di kategorikan orang yang buta huruf adalah orang yang tidak bisa internet.

Setelah beberapa waktu lalu saya sempat menulis tutorial cara pengisian KRS di sim@k logon dan simperti UIN Jakarta. Saat ini akan membahas tentang hotspot yang ada di kampus. Tidak ada niat untuk menggurui siapapun akan tetapi hanya ingin berbagi informasi saja.

Hotspot adalah layanan internet tanpa kabel dengan menggunakan teknologi wi-fi (802.11b). wi-fi adalah jaringan internet tanpa kabel yang mempunyai frekuensi tinggi. Di seluruh gedung fakultas di UIN Jakarta, masing-masing mempunyai akses point yang di pancarkan khusus untuk gedung fakultasnya.

Jadi jangan heran jika di setiap fakultas ada saja mahasiswa/ mahasiswi yang sedang menjelajahi dunia maya dengan laptop-nya. Fakultas-fakultas yang terdeteksi aksespointnya yaitu FEIS dan FST, Syariah dan Adab, Dakwah dan Ushuluddin, FDI, Psikologi dan Pasca Sarjana(Kampus II) dan gedung FITK.

Yang perlu diketahui adalah bahwa masing-masing gedung atau fakultas menggunakan IP Address yang berbeda hanya ada beberapa angka yang harus di ubah yaitu IP address dan default Gateway-nya sementara DNS Servernya hampir semuanya sama.

Bagaimana dengan Hotspot FITK ?

FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) dalam hal ini membuat hotspot sendiri khusus untuk fakultasnya saja. Misalnya, anda mendeteksi sinyal dengan nama "TarbiyahUIN" Jika anda hubungkan maka akan connect, lalu akan muncul halaman yang berwarna hijau bertuliskan FITK HOTSPOT dan meminta username dan pasword seperti gambar dibawah ini:
Namanya juga FITK Hotspot, berarti yang dapat menggunakan adalah seluruh mahasiswa dan dosen FITK. Pasword dan username akan diberikan dengan cara mendaftar terlebih dahulu.

Cara Pendaftarannya yaitu dengan mendatangi Gdg. FITK Lantai.2 UIN Jakarta. Syaratnya harus punya laptop dan membawa bukti pembayaran semesteran, agar dapat teridentifikasi bahwa yang mendaftar itu betul-betul mahasiswa tarbiyah. Jadi,username dan password yang diberikan hanya dapat digunakan untuk laptop yang sudah didaftarkan.

Mahasiswa yang tidak memiliki laptop, secara otomatis tidak akan mendapatkan username atau password. Menurut kabar yang baru saja saya dapatkan, pendaftaran hotspot secara manual ini akan segera dirubah dengan cara yang praktis. yaitu secara online dilaptopnya. Sehingga mahasiswa yang belum mempunyai username dengan pasword dapat mendaftarkan langsung ketika sudah connect dengan hotspotnya. dan tinggal mengisi data-data yang lengkap.

Sekarang terjawab sudah semua pertanyaan-pertanyaan yang sering kalian tanyakan kepada saya. Terkadang banyak kawan-kawan saya bertanya masalah ini dengan sederet pertanyaan mengenai hotspot di FITK dan mungkin dengan tulisan ini sedikitnya dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat. (Indra)
3 Komentar Pembaca (reader comment) to "HOTSPOT FITK UIN Jakarta Dan IP Address ( User Name dan Pasword )"
30 April 2009 00.24
Wah hotspot emang udah dimana mana yach? Bagus juga sich, biar lebih gampang ngeblog :D
wahyu nugraha said :
20 Juni 2009 22.37
masih cupu...!!

untuk kemajuan akses informasi mahasiswa nya aja masih dibatesin,apalagi nama nya kalo buka CUPU...

kapan maju nya mahasiswa...!!kelulsan aja dipersulit..tapi gak memberi kemudahan buat mahsiswa nya berkreasi
Anonim said :
7 Maret 2011 17.55
sip, ane setuju... daftarnya masih ditanya2,,, terbatas hanya anak tarbiah.. kan kalo anak non tarbiah??? ada saran bwt ngebobol kah?

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links