Terbaru

Senin, Juli 22, 2013

(0) Comments

Teknologi Pendidikan : Aspek Pembangunan Pendidikan

INDRA - Pembangunan pendidikan di Indonesia merupakan usaha multifacet, yang meliputi keseluruhan sistem, termasuk landasannya, tujuannya, fungsinya maupun komponen-komponennya. Dalam GBHN 1978 ada 23 butir kebijaksanan dasar pembangunan pendidikan, sedangkan dalam GBHN 1983 terdapat 17 butir. Dari semua butir itu hanya diambil dua butir saja untuk melandasi tulisan ini,yaitu butir yang menyatakan titik berat program pembangunan pendidikan dan butir-butir mengenai pembangunan sistem pendidikan.

Beberapa Aspek Pembangunan Pendidikan

GBHN menentukan beberapa aspek pembangunan pendidikan sebagai berikut :

GBHN 1978 :

"Titik berat pembangunan ... diletakan pada perluasan pendidikan dasar dalam rangka mewujudkan pelaksanaan wajib belajar yang sekaligus memberikan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lingkungannya serta peningkatan pendidikan teknik dan kejuruan pada semua tingkat ..."

"Peningkatan aspek pemerataan yang dikaitkan dengan peningkatan kesempatan belajar, bertujuan meningkatkan pelayanan pendidikan ... Kegiatan dalam bentuk Sekolah Terbuka, PAMONG, Sekolah Kecil, ... diharapkan akan memperkecil jurang perbedaan dalam kesempatan untuk mendapatkan pelayanan pendidikan."

GBHN 1983 :

"Sistem Pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan segala bidang yang memerlukan berbagai jenis keahlian dan keterampilan serta dapat sekaligus meningkatkan produktivitas, mutu, dan efisiensi kerja. "

Sumber Bacaan :
"Menyemai Benih Teknologi Pendidikan" Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc

Mudah-mudahan bermanfaat.
0 Komentar Pembaca (reader comment) to "Teknologi Pendidikan : Aspek Pembangunan Pendidikan"

Posting Komentar

Jumlah Pengunjung Berbagai Negara

Indra's Blog Visitor

Sponsored Links